Kukang Nyasar di Halaman Rumah, Ajat Mengamankan dan Serahkan ke BKSDA

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

Ajat Maulidin, salah seorang warga Cianjur mengamankan seekor kukang yang tidak sengaja masuk ke halaman rumah tetangganya.

Menurut informasi, kukang dengan gerakan lamban itu ditemukan pada saat pemilik rumah sedang berada di teras pada jam satu dini hari.

Ajat yang kebetulan sedang melintas, dipanggil oleh pemilik rumah. Saat melihat pohon, pemilik rumah menemukan seekor hewan yang merangkak pelan. Dia pun memanggil warga yang melintas untuk menangkapnya.

“Kebetulan saya melintas, pemilik rumah lagi ada di teras dan memanggil. Katanya ada hewan di pohon di halaman rumahnya. Begitu dilihat, ternyata itu Kukang, hewan yang dilindungi,” ujar Ajat.

Bersama pemilik rumah, Ajat kemudian menangkap kukang tersebut dan menyimpannya dalam kandang seadanya yang terbuat dari kayu bekas wadah telur.

Rencananya, dia akan segera melaporkan temuan warga ke BBKSDA untuk dievakuasi. Jika dibiarkan di tempat yang bukan habitatnya, dikhawatirkan Kukang tersebut menjadi buruan pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Tadi melalui teman sudah coba koordinasi dengan petugas dari BBKSDA. Tapi belum dapat kabar lagi, kapan akan datangnya. Sementara disimpan di rumah hingga datang petugas untuk dievakuasi dan dilestarikan kembali ke alam,” tuturnya.

Dia mengaku tidak bisa memastikan hewan tersebut perliharaan yang lepas atau memang dari alam di sekitar lokasi ditemukan. Tapi, hewan tersebut cenderung tenang dan jinak.

“Mungkin nanti dari BBKSDA yang bisa jelaskan, apakah ini peliharaan yang lepas atau bukan. Tapi saya harap hewan yang dilindungi ini bisa tetap di alam dan terjaga,” ucapnya.

Di sisi lain, petugas BBKSDA segera berkomunikasi dengan warga yang berhasil mengamankan Kukang tersebut untuk dilakukan evakuasi.

“Iya itu dilindungi, kami akan berkoordinasi dengan warga yang mengamankan. Segera dievakuasi oleh tim di Cianjur,” ujar Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat, Lana Sari.

Sumber :

detik.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

Tanya Kukangku

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang