13 Kukang Sumatera Kembali Pulang ke Habitatnya di Hutan Lindung Batutegi

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

13 individu kukang sumatera akhirnya dilepasliarkan ke habitatnya di Hutan Lindung Batutegi, Lampung. Kegiatan pelepasliaran ini merupakan kolaborasi antara Seksi Konservasi Wilayah III Lampung, BKSDA Bengkulu ; Bidang Konservasi Wilayah I Bogor, BBKSDA Jawa Barat ; Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Batutegi ; dan Yayasan IAR Indonesia.

Sebanyak 13 kukang yang terdiri dari 6 jantan dan 7 betina ini telah melalui serangkaian proses rehabilitasi sebelum benar-benar dilepasliarkan. Proses rehabilitasi dilakukan di pusat rehabilitasi kukang yang dijalankan oleh Yayasan IAR Indonesia di Bogor, Jawa Barat.

Kukang sumatera yang direhabilitasi di Yayasan IAR Indonesia seluruhnya adalah korban penyelundupan yang hendak diperdagangkan di pasar hewan di Jawa. Kukang-kukang ini kemudian diselamatkan dan dirawat untuk dipulihkan perilakunya, hingga siap dipulangkan kembali ke tanah kelahirannya.

“Berdasarkan hasil observasi di Pusat Rehabilitasi IAR Indonesia, kukang-kukang ini telah memenuhi syarat pelepasliaran setelah melalui tahap pemeriksaan medis, karantina dan pemulihan perilaku,” ujar dokter hewan Yayasan IAR Indonesia, Imam Arifin.

Imam mengatakan belasan kukang yang akan dilepasliarkan sebelumnya sudah menjalani proses dan tahapan pemulihan secara intensif, dimulai dari masa karantina dan pemeriksaan medis untuk memastikan tidak memiliki penyakit ketika dikembalikan ke habitatnya. 

“Selama ini juga kebiasan dan pakan mereka kami amati untuk memastikan bahwa perilaku mereka sudah normal menjadi liar kembali,” ujarnya.

Sumber :

lampost.co

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

Tanya Kukangku

Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia
Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja

© 2014 - 2020 Kukangku

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang