BKSDA Kalteng Terima Kukang Serahan Warga

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah (BKSDA Kalteng) menerima seekor kukang serahan warga Kabupaten Kotawaringin Timur. Menurut Ida Rahmadhaniati, selaku pelapor, kukang tersebut diberikan oleh warga di tempat ayahnya bekerja.

Ayah Ida menerimanya dari warga Kelurahan Baamang Hulu yang menemukan kukang di hutan. Melihat kondisi kukang yang kurus, kukang tersebut dirawat semalam hingga akhirnya Ida memutuskan untuk menghubungi BKSDA Kalteng.

Ida berinisiatif melapor ke BKSDA karena mengetahui bahwa kukang termasuk satwa dilindungi negara dan terancam punah. Dia juga khawatir kukang akan mati jika tidak segera dilepas ke habitatnya.

Menindaklanjuti pelaporan yang masuk, Muriansyah, selaku Komandan Jaga BKSDA Kalteng Pos Sampit mendatangi rumah Ida untuk mengamankan si kukang.

“BKSDA Pos Sampit mengucapkan terima kasih kepada Ida dan keluarga karena sudah menyelamatkan dan menyerahkan kukang kepada kami,” tutur Muriansyah.

“Mudah-mudahan nanti segera pulih dan bisa segera dilepas ke habitatnya,” kata Ida saat menyerahkan kukang tersebut kepada Muriansyah.

Sementara ini, kukang diamankan di kediaman Muriansyah. Keesokannya, kukang akan dibawa ke kantor Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun. Jika kondisinya sehat, kukang akan segera dilepasliarkan ke hutan.

Muriansyah mengimbau warga untuk bersama-sama melestarikan satwa langka dan dilindungi. Warga diingatkan tidak memelihara, memperjualbelikan maupun membunuh satwa langka karena akan diproses hukum dengan sanksi tegas sesuai aturan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on pocket
Share on whatsapp

Tanya Kukangku

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang