Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Hari Primata Indonesia 2019

Berapa banyak jenis primata di Indonesia?

Perkembangan jenis-jenis primata di Indonesia sangatlah menarik. Dalam satu dekade terakhir temuan spesies baru semakin memperkaya jumlah keanekaragaman primata Indonesia. Ditambah dengan spesies terbaru seperti Orangutan Tapanuli, setidaknya kini data jumlah primata Indonesia tercatat sebanyak 60 jenis yang tersebar luas dari Sumatera hingga Papua.

Sayangnya, pesatnya ilmu pengetahuan untuk mengkaji primata-primata baru tersebut tidak menjadikan bahwa mereka semua bebas dari ancaman kepunahan. Faktanya 70% primata Indonesia masih berada dalam ambang ancaman kepunahan.

Kehilangan habitat masih menjadi momok terbesar bagi kelangsungan hidup primata di alam. Rusaknya hutan, alih fungsi lahan, kebakaran hutan, serta pembalakan liar adalah sederet gangguan keamanan lingkungan yang hingga kini masih saja terjadi.

Begitu pula dengan trend manusia masa kini. Pola pemikiran antroposentrisme menjadikan kita merasa berkuasa dan menafikan peran dari primata lainnya di alam (karena kita juga sesungguhnya adalah primata).

Banyak primata dengan sengaja diburu untuk dikonsumsi seperti Yaki dan Simakobu. Belum lagi primata yang diburu untuk diambil bayi-bayinya yang masih tampak lucu seperti Owa dan Lutung. Banyak pula di antara mereka yang sengaja diperjualbelikan di pasar tradisional maupun online sebagai objek peliharaan, seperti Kukang dan Monpai.

Sederet ancaman-ancaman tersebut jelas tidak pernah berubah.

Ya tidak akan berubah selama kita masih melupakan peran dari primata bagi kelangsungan ekosistem hutan. Sesuatu yang memang tidak kita rasakan secara langsung dampak manfaatnya bagi hidup manusia. Kita mungkin lupa atau tidak tahu, jika setiap biji tumbuhan yang mereka makan adalah benih pohon baru yang meringankan kita untuk tidak bersusah payah mencanangkan program menanam 1 juta pohon.

Hari Primata Indonesia yang diperingati pada tanggal 30 Januari setiap tahunnya adalah momentum untuk kita saling mengingatkan. Mengingatkan bahwa saudara jauh dari jutaan tahun evolusi, membutuhkan habitatnya yang lestari dan berbagi ruang bersama kita (manusia).

Peringatan hari primata hanyalah sebuah hari untuk dirayakan, namun tugas dan tanggung jawa kita sebagai makhluk yang berakal memiliki pilihan dan peran penting untuk  keberlangsungan bumi yang baik. Kelestarian primata adalah harta yang akan kita wariskan kepada generasi masa depan. Sesuatu yang bisa anak cucu kita banggakan, bahwa kita adalah generasi pelestari bukan perusak.

Selamat Hari Primata

Salam lestari

#StopBerburuPrimata

siamang

Tanya Kukangku

Sebarkan ke Penyelamat Kukang lainnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

kukangku

#StopKekangKukang

#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia