Bantu Si Mata Bulan Kembali Bebas di Alam

Setiap tahunnya, sebanyak 2000 individu kukang menjadi objek perburuan untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan. Tidak sedikit dari kukang-kukang tersebut justru berakhir mati di tangan pemburu, pedagang bahkan di pemelihara. Rantai kejahatan ini bukan hanya proses mengambil kukang dari rumahnya saja, tapi juga proses kejam yang menyakitkan.

Gigi gigi kukang dipaksa dipotong agar calon pembeli / pemelihara merasa aman dari gigitan kukang yang berbahaya.

Kekejaman ini membuat kukang menjadi lemah, dan umur kukang lebih singkat akibat sakit dan infeksi mulut yang parah. Praktek keji ini akan terus berulang selama minat memelihara kukang masih tumbuh dan para pelaku kejahatan mendapatkan keuntungan dari transaksi yang mereka jalankan.

Sedikitnya ada 200 kukang yang saat ini tengah dirawat oleh pusat rehabilitasi IAR Indonesia di Bogor, Jawa Barat. Kebanyakan dari kukang-kukang tersebut adalah korban perdagangan yang berhasil digagalkan aparat penegak hukum dan juga serahan masyarakat yang telah sadar akan pentingnya kelestarian kukang.
 

Sayangnya tidak semua kukang yang berada di pusat rehabilitasi berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Gigi yang telah dipotong, cacat permanen akibat luka tembak, dan juga perilaku dan penyakit yang muncul akibat proses pemeliharaan adalah sekian permasalahan yang dihadapi para perawat satwa untuk memulihkan kondisi si kukang. Dan dari sekian banyak kukang yang dirawat, hanya 30% di antaranya saja yang masih memiliki kesempatan untuk bisa kembali dipulangkan ke alam.

Bagaimana donasi ini akan dipergunakan?

Seluruh donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada pihak Yayasan IAR Indonesia untuk membantu program pelestarian kukang yang mencakup kepada upaya penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepasliaran (Rescue, Rehabilitation, & Release) + Monitoring.

Setiap kukang yang dirawat di pusat rehabilitasi, setidaknya membutuhkan biaya sebesar minimal 10 juta per tahun. Jumlah ini akan semakin besar bila kukang membutuhkan penanganan medis seperti operasi ataupun memiliki kesempatan untuk dikembalikan lagi ke habitatnya.

Sejak 2008, IAR Indonesia setidaknya telah melepasliarkan sekitar 300 kukang ke habitatnya, dan program ini akan terus berjalan selama masih banyak kukang yang menjadi korban perburuan dan perdagangan serta minat masyarakat untuk memelihara masih tinggi.

Selain membantu donasi, kamu juga bisa turut andil dalam penyelamatan kukang dan menghentikan kekejaman akibat perburuan dan perdagangan dengan menyebarluaskan pesan ini. Ajak orang orang terdekatmu untuk tidak menjadi bagian dari rantai perdagangan kukang dengan tidak membeli dan tidak memelihara.

Informasi lebih lanjut terkait penggalangan dana ini, bisa menghubungi Tim Kukangku di 0812-1908-8803 atau email ke admin@kukangku.id

Salam Lestari,

Sebarkan kisah ini

#SaveKukang

Menjadi solusi dengan berkontribusi dan berpatisipasi.
#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang #StopKekangKukang

×
×

Cart