Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Ucil Si Kukang Obesitas

Ucil si Kukang Sumatera adalah kukang eks peliharaan yang diserahkan oleh si pemelihara setelah pihak Gakkum LHK memberikan teguran dan tindakan kepada anggota komunitas pemelihara kukang pada tahun 2016 lalu.

Ucil yang waktu itu diserahkan bersama induknya memang kondisinya baik baik saja. Tapi jika dibandingkan dengan kondisi kukang sumatera pada umumnya, ternyata Ucil memiliki bobot yang jauh dari standar ideal.

Menurut pengakuan si pemelihara yang menyerahkan, Ucil lahir pada saat memelihara induknya. Si induk sudah dalam kondisi bunting pada saat dibeli. Karena lahir dalam pemeliharaan, Ucil cenderung di manja baik dari segi perlakuan maupun pola makan.

Meski tumbuh bersama induknya, asupan nutrisi Ucil sangat berlebihan. Secara fisik, tubuh Ucil terlihat lebih besar dibanding induknya.

Setelah dititiprawat di pusat rehab IAR Indonesia, akhirnya Ucil menjalani program diet. Dalam satu tahun Ucil mengalami penyesuaian berat tubuh. Asupan nutrisi Ucil disesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga perlahan berat badannya sesuai dengan standar berat kukang sumatera pada umumnya.

Program diet Ucil akhirnya membuahkan keberhasilan lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi kesehatan dan perilaku, Ucil masuk sebagai kandidat pelepasliaran tahun ini. Dalam hitungan hari, Ucil bersama belasan kukang sumatera lainnya akan mendapatkan kebebasannya di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung.

Sayangnya, kabar baik ini tidak diiringi induk Ucil. Kondisi giginya yang tanggal oleh pedagang menjadi alasan utama ia tak mendapatkan kesempatan yang sama. Sisa sisa patahan gigi yang membusuk, membuatnya kehilangan beberapa baris gigi yang terpaksa dioperasi.

Kondisi cacat fisik tersebut membuat induk Ucil harus dirawat selamanya di pusat rehabilitasi, atau jika memungkinkan ditempatkan di suaka khusus kukang sumatera.

Mengantar Ucil dan belasan kukang sumatera pulang ke habitatnya adalah hal yang menyenangkan. Akan tetapi menjaga dan melindungi para kukang untuk tetap lestari di habitatnya adalah kebahagiaan yang seharusnya setiap kukang dapatkan.

Selamat jalan Ucil. Selamat bertualang di habitat baru. Semoga kelak kamu mendapatkan jodoh dan beranakpinak di alam bebas.

Tanya Kukangku

Sebarkan ke Penyelamat Kukang lainnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

kukangku

#StopKekangKukang

#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang