kukangku

THR Satwa Liar

Dampak pandemi tidak hanya dirasakan oleh satwa-satwa yang dirawat di kebun binatang saja. Ada juga Lembaga Konservasi (LK) khusus yang merawat satwa dengan tujuan pelestarian. Sayangnya, LK khusus ini masih minim sekali perhatiannya.

Berbeda dengan LK umum, LK khusus yang terdiri dari Pusat Rehabilitasi dan Pusat Penyelamatan Satwa dikelola oleh lembaga-lembaga non-profit, sehingga segala kebutuhan operasional tergantung dari donatur.

LK khusus harus tetap merawat dan menjaga kesehatan satwa, karena satwa yang dirawat kelak akan dikembalikan lagi ke habitatnya.

Berikut adalah daftar beberapa LK khusus di Indonesia yang membutuhkan bantuan,


1. Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga

Lebih dari 600 ekor satwa dirawat di PPS Cikananga yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Kebanyakan satwa berasal serahan eks-pemeliharaan, satwa yang berkonflik dengan masyarakat, hingga hasil dari upaya penegakan hukum.


2. Wildlife Rescue Center Jogja

Untuk memenuhi operasional bulanan, WRC Jogja memiliki program sukarelawan dan juga program edukasi yang sekaligus berdonasi untuk satwa. Namun semenjak pandemik terjadi, program ini tak lagi berjalan sehingga berimbas pada biaya perawatan yang dibutuhkan. Di WRC Jogja, ada sekitar 150 satwa yang mereka rawat dan membutuhkan penanganan khusus.


3. Javan Gibbon Center

Berlokasi di dalam kawasan TN Gunung Gede Pangrango, JGC berfokus kepada penyelamatan primata endemik jawa yaitu Owa jawa. Owa-owa yang dirawat hampir kebanyakan adalah eks peliharaan. Beberapa di antaranya mengalami luka fisik, hingga trauma yang membutuhkan perawatan intensif agar bisa siap untuk dilepasliarkan. Di awal pandemik, JGC sempat mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan APD karena harganya yang melonjak.


4. Indonesia Species Conservation Program

Berbasis di Medan, ISCP awalnya menampung satwa kukang dan burung poksai yang banyak dievakuasi oleh BKSDA. Dalam perkembangannya, ISCP akhirnya menerima satwa liar dilindungi lainnya untuk mendukung upaya penyelamatan satwa yang dilakukan oleh otoritas setempat.


5. Jakarta Animal Aid Network

Sebagai satwa primata yang tidak dilindungi, monyet pantai seringkali dieksploitasi sebagai properti topeng monyet. Padahal, untuk melatih monyet supaya jinak kepada pawang, harus melalui proses yang kejam. JAAN bergerak untuk menyelamatkan monyet tersebut, untuk merawat dan mengembalikannya kembali ke habitatnya.


6. Centre Orangutan Protection

Ape Defender ini berlokasi di Berau, Kaltim. Dedikasi mereka untuk menyelamatkan orangutan memang luar biasa. Bahkan kisah-kisah yang terangkum di http://orangutanprotection.com penuh dengan semangat dan perjuangan.


7. IAR Indonesia

IAR Indonesia adalah pusat rehabilitasi satwa pertama di Indonesia yang fokus dalam menangani kukang. 12 tahun dedikasi mereka akhirnya membuahkan hasil dalam penyelamatan dan pelestarian kukang.


8. Borneo Orangutan Survival

Borneo Orangutan Survival Pusat rehabilitasi orangutan terbesar. Ada ratusan orangutan yang mereka rawat dan harus bersiap untuk bisa dikembalikan lagi ke habitatnya.


9. Animal Sanctuary Trust Indonesia

Ada sekitar 89 satwa yang dirawat di ASTI saat ini. Kebanyakan satwa merupakan titipan dari BKSDA. Sayangnya, tidak semua satwa yang datang ke ASTI ini dalam kondisi sehat. Ada yang sakit, cacat, bahkan cedera, sehingga memerlukan perawatan yang tidak sebentar untuk kembali pulih.


10. Sahabat Bekantan Indonesia

Kenal dengan primata berhidung besar. Ternyata popularitasnya tidak sebanding dengan ancaman pelestariannya. SBI yang berlokasi di Kalsel, bergerak dalam penyelamatan bekantan melalui rehabilitasi hingga edukasi.


11. Tasikoki Wildlife Rescue and Education Center

Sebagai garda satwa paling utara, Tasikoki yang berlokasi di Sulawesi Utara menampung sebanyak 300 lebih satwa hasil yang kebanyakan berasal dari upaya penyelundupan, terutama satwa endemik Indonesia Timur.


12. Kalaweit

Fokus terhadap penyelamatan owa, Kalaweit memiliki dua care center yaitu di Sumatera Barat dan Kalimantan Tengah. Ada 365 individu owa owa dan Siamang yang mereka rawat saat ini.


13. Sumatran Orangutan Conservation Programme

Sudah lebih dari 270 Orangutan Sumatera dibawa pulang ke habitatnya sejak mereka berdiri. Namun perjuangan mereka belum usai dan masih banyak PR untuk menyelamatkan Orangutan Sumatera.


14. Pusat Penyelamatan Satwa Bali

Banyak satwa sitaan dan serahan masyarakat dititiprawat di PPS Bali. Bahkan mereka harus menampung satwa yang berasal dari taman reptil yang bangkrut. Biaya operasional tentu saja jadi membengkak.


Asliqewan Peduli Lembaga Konservasi

Jauh sebelum pandemi terjadi, LK khusus sudah menerapkan prosedur keamanan kesehatan untuk tenaga medis dan perawat satwa terhadap resiko zoonosis. Asliqewan berinisiatif memenuhi kebutuhan APD agar tenaga medis di LK tetap aman saat bekerja.


Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang