Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Sepuluh Kukang Menjalani Perawatan Intensif

Sahabat, sepuluh dari 79 kukang jawa yang menjadi korban perburuan dan perdagangan di Majalengka menjalani perawatan intensif di pusat rehabilitasi kami, di Kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Sejak Sabtu (12/01/2019) lalu kami melakukan pemeriksaan mendalam terhadap kukang-kukang malang itu. Tindakan medis ini dilakukan mengingat sepuluh primata endemik jawa ini kondisinya semakin lemah dan membutuhkan treatment khusus.

Tim medis kami menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan mereka umumnya mengidap sejumlah masalah yang mengakibatkan penurunan kondisi fisik dan kesehatannya. Beberapa di antaranya seperti, cacingan, infeksi gigi dan gusi, diare, trauma luka di sejumlah bagian tubuh hingga peluru senapan angin yang bersarang.

“Kondisi seperti itu biasa ditemukan pada kukang-kukang yang mengalami perlakuan buruk dari aktivitas perburuan dan perdagangan. Bahkan, tidak jarang juga berujung pada kematian akibat stres, dehidrasi, dan kekurangan gizi.”

Dari 79 kukang yang diselamatkan saat itu, lima di antaranya mati dalam masa perawatan. Kematian kukang-kukang korban perburuan dan perdagangan ini umum terjadi karena kondisi yang memprihatinkan saat ditangkap dan dipisahkan dari lingkungan habitatnya.

Selanjutnya, kesepuluh kukang ini akan kami pantau perkembangannya secara intensif. Pengecekan kondisi fisik, pemberian obat dan vitamin menjadi prioritas kami guna memulihkan kembali kondisi primata yang masuk ke dalam 25 daftar primata paling terancam di dunia ini.

Tentu proses ini membutuhkan waktu, tenaga dan biaya besar. Mereka terlebih dahulu menjalani serangkaian pemeriksaan medis dan prosedur pemeriksaan penyakit sesuai prosedur karantina dan prinsip kesejahteraan satwa. Barulah kemudian masuk tahapan rehabilitasi.

Untuk itu, bantu perawatan kesepuluh kukang ini agar dapat segera pulih dan kembali hidup bebas di habitatnya. Mereka membutuhkan sejumlah obat, vitamin dan kebutuhan medis pendukung lain untuk memulihkan kesehatan dan perilakunya.

Terima kasih #PenyelamatKukang dan #OrangBaik yang telah mendukung upaya pelestarian kukang di Indonesia. Salam hangat dari mereka yang menanti kebebasannya kembali.

#SaveKukang #StopKekangKukang

Tanya Kukangku

Sebarkan ke Penyelamat Kukang lainnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

kukangku

#StopKekangKukang

#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang