selamat tahun baru 2019

Ketika semarak tahun baru bergema di segala penjuru bumi, kami memilih cara yang berbeda untuk merayakan pergantian tahun.

Kami memilih untuk menikmati keheningan waktu di antara kegelapan malam dan sunyi gunung, bersama kukang. Memang malam itu tidak sepenuhnya sunyi, hinggar binggar gemuruh bunyi petasan masih kami dengar di sudut jauh. Tapi kami bersyukur, bahwa suara suara yang memekakan telinga itu tidak menganggu si kukang yang turut merayakan kehidupan mereka dalam rimbun pohon dan kebebasannya di alam.

Ketika pagi tiba, kami terbangun dengan kenyataan bahwa nasib-nasib si kukang akan selalu sama, hidup dalam keterancaman. Habitat mereka mungkin akan dibabat habis, tangan-tangan nakal mungkin akan mencerabut hidup mereka yang damai, peluru-peluru ganas mungkin menembus tubuh mungil mereka, perlakuan-perlakuan keji mungkin akan mematahkan gigi-giginya dan memaksa mereka tinggal di tempat yang tidak semestinya.

Nasib si kukang akan terus sama dalam penderitaannya, jika tidak ada yang berubah. Menghentikan semua ancaman yang terjadi memang tak akan selesai dalam satu malam, akan tetapi secara perlahan kami yakin bahwa perubahan baik akan terus terjadi.

Orang-orang baik akan terus bertumbuh, para penyelamat kukang akan terus bertambah.

Selamat tahun baru 2019 teman-teman, bumi hanya satu, dan kita bukan penghuni satu-satunya.

#2019TetapStopKekangKukang

#kukang #slowloris #StopKekangKukang #wildlife #penyelamatkukang #JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang #animalwelfare #tahunbaru2019 #2019 #selamatkankukang

Sebarkan ke Penyelamat Kukang lainnya

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia