kukangku

Petugas Pospam Polres Agam Selamatkan Kukang

Petugas Pospam Polres Agam Selamatkan Kukang

Petugas Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2019 Polres Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) amankan satu ekor satwa dilindungi jenis Kukang (Nyticebus coucang) pada Jumat (7/6/2019) sekitar pukul 22.00 Wib.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam Syahrial didampingi Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Ade Putra mengatakan, satwa langka dan dilindungi tersebut diselamatkan ketika sedang berkeliaran disekitar lokasi Pos pengamanan Simpang Gudang Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung.

“Ketika diselamatkan, satwa tersebut terlihat Agresif kemudian kita datang kelokasi membawa kandang sementara dan mengevakuasi ke Kantor BKSDA,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Sabtu (8/6/2019).

Dikatakan Syahrial satwa tersebut nantinya akan diobservasi sementara untuk memastikan kondisinya sebelum nanti dilepasliarkan di kawasan hutan Cagar Alam Maninjau.

“Kukang merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, tidak boleh buru, ditangkap, dipelihara, dimiliki, diperjualbelikan maupun dimanfaatkan bagian tubuhnya jika terbukti diancam penjara maksimal lima tahun dan denda sebesar maksimal Rp 100 juta,” jelas Syahrial.


Sumber berita : antaranews.com

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari para penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram