kukangku

Petugas Polhut Tindak Pemelihara Kukang di Cianjur

Petugas Polhut Tindak Pemelihara Kukang di Cianjur

Petugas Polhut dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah Bidang I Bogor mendatangi pelaku pemelihara kukang di Cianjur pada Kamis (20/6). Penindakan yang dilakukan oleh BKSDA merupakan salah satu giat sosialisasi dan penyadartahuan bagi masyarakat terkait Tumbuhan dan Satwa Liar Dilindungi.

Kehadiran dua orang petugas polhut di rumah Opik selaku pemelihara kukang didasarkan laporan masyarakat yang masuk ke BKSDA.

“Kami sebelumnya mendapatkan laporan mengenai pemelihara kukang di Cianjur,” tutur Andri Iriantoro selaku petugas polhut.

Setelah tiba di rumah pelaku, Opik tidak berada di tempat. Menurut penuturan istrinya, Opik sedang berada di Jakarta. Meski tidak bertemu secara langsung, petugas tetap memberikan peringatan kepada Opik dan dimintai keterangan melalui telepon.

Opik sempat meminta ganti rugi biaya pakan selama memelihara kukang. Namun setelah petugas memberikan pemahaman dan konsekuensi bagi orang yang memelihara, memiliki dan memperdagangkan satwa dilindungi berupa sanksi ancaman pidana lima tahun penjara dan denda 100 juta rupiah. Opik akhirnya menyerahkan kukang secara sukarela.

Berdasarkan pengakuan istrinya, kukang tersebut ditemukan masuk ke pelataran dapur rumahnya dan sempat dipelihara selama tiga bulan.

“Kami himbau bagi masyarakat untuk tidak memelihara, memiliki atau menjual satwa-satwa dilindungi,” kata Andri.

“Kalaupun ada yang menemukan satwa dilindungi, harap melapor ke quick response BBKSDA Jawa Barat,” tambahnya.

Kukang yang dipelihara Opik teridentifikasi merupakan jenis kukang jawa (Nycticebus javanicus), dan termasuk jenis yang kritis terancam punah menurut IUCN. Kukang akan dibawa ke kantor BKSDA untuk diperiksa kondisi kesehatannya. Nantinya akan dititiprawat di pusat rehabilitasi yang bekerja sama dengan BBKSDA Jabar.

“Setelah dititiprawat di pusat rehab, mudah-mudahan kukang bisa dikembalikan lagi ke habitatnya,” terangnya.

 

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang