kukangku

Kesempatan Kedua Bagi 31 Individu Kukang

Kesempatan Kedua Bagi 31 Individu Kukang

31 individu kukang jawa akhirnya mendapatkan kesempatan kedua untuk bisa kembali pulang ke habitatnya. Pelepasliaran di awal bulan April ini akan dilakukan di dua lokasi rilis sekaligus, yaitu Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis dan juga Kawasan Hutan Konservasi Masigit – Kareumbi, Bandung.

Hampir kebanyakan kukang-kukang tersebut merupakan serahan dari masyarakat kepada BKSDA Jawa Barat yang kemudian dititiprawat di pusat rehabilitasi IAR Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang mengalami cedera serius seperti Agung yang setelah dilakukan pengecekan di pusat rehabilitasi ternyata didapati 5 butir peluru senapan angin di dalam tubuhnya.

Ada juga Jabar, kukang yang diserahkan ke kantor BBKSDA Jawa Barat tersebut mengalami kebusukan pada tangan kanannya sehingga dokter terpaksa mengamputasi seluruh lengannya.

Belum lagi Hima, yang sebelumnya menjadi korban peliharaan dipaksa hidup dengan tali kekang di perutnya. Tali kekang yang mencekik perut Hima menyebabkan trauma fisik sehingga menyebabkan penyempitan organ perut.

Butuh satu tahun bahkan lebih untuk kukang-kukang tersebut kembali pulih dan mendapatkan kesempatan bersatu lagi dengan alam yang mendewasakan mereka.

Selamat kembali pulang teman, semoga kalian berbahagia dalam kebebasan.

#StopKekangKukang

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram