kukangku

Dua Kukang Dilepasliarkan ke Alam Liar

Dua Kukang Dilepasliarkan ke Alam Liar

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Seksi Wilayah I Lhokseumawe melepaskan ke alam liar dua ekor satwa jenis kukang Sumatera (Nycticebus coucang), Rabu (29/8), kemarin.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, dua ekor kukang (induk dan anak) berjenis kelamin jantan itu merupakan hewan hasil penyerahan sukarela dari masyarakat beberapa waktu lalu, di Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Dia mengatakan, satwa liar itu dilepaskan di kawasan hutan Lhokseumawe yang merupakan habitat aslinya.

“Kegiatan pelepasliaran kukang ini berjalan lancar dan saat dilepaskan, kukang dalam keadaan sehat,” kata Sapto, Kamis (30/8).

Sementara itu, Kasi KSDA Wilayah I Lhokseumawe, Dedi Irvansyah yang dikonfirmasi terpisah menceritakan penyerahan dua ekor kukang tersebut.

Ia menyampaikan, awalnya pihaknya menerima adanya informasi melalui Call Center BKSDA Aceh dari masyarakat, yang mana akan menyerahkan kukang secara sukarela. Mendapatkan laporan itu, pihaknya lalu menuju ke lokasi dan menjemputnya.

Saat diterima, kukang tersebut terlihat masih dalam keadaan sehat.

“Kukang yang kita terima merupakan induk dan anaknya yang berusia sekitar tiga minggu, kukang dalam keadaan sehat,” ujar Dedi.

Sebelum dilepasliarkan, dua ekor kukang ini telah menjalani pemeriksaan yang dilakukan tim dokter hewan BKSDA Aceh dan perawatan sementara.


Sumber berita : akurat.co

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram