kukangku

Ditegur di Sosmed, Warga Tojai Baru Akhirnya Serahkan Kukang ke BKSDA

Ditegur di Sosmed, Warga Tojai Baru Akhirnya Serahkan Kukang ke BKSDA

Seekor Kukang jenis kukang sumatera (Nycticebus coucang) diserahkan secara sukarela oleh warga Tojai Baru kepada Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II Pematang Siantar pada 19 Juni lalu. Kondisi kukang diperkirakan berusia ±1 tahun dan dalam keadaan sehat.

Dilansir dari situs KSDAE, Zerry Siregar selaku pelapor mengaku bahwa kukang tersebut ditemukan di sekitar pemukiman kampungnya. Kejadian bermula saat Zerry hendak keluar rumah dan menemukan satu individu Kukang yang diduga lepas dari kandangnya, dimana sebelumnya sudah dipelihara oleh warga sekitar. Namun dia tidak mengetahui siapa pemilik dari Kukang tersebut. Maka Zerry membawa Kukang tersebut untuk dipelihara dirumahnya.

Awalnya Zerry tidak mengetahui bahwa kukang termasuk satwa dilindungi. Ia bersama teman-temannya mengabadikan kukang tersebut dan mempostingnya di sosial media.

Warganet yang melihat postingan bereaksi dengan menegur dan mengingatkan Zerry bahwa kukang termasuk satwa dilindungi, tidak untuk dipelihara. Bahkan mereka menyarankan Zerry untuk menyerahkan kukang tersebut kepada pihak yang berwajib jika tidak ingin berurusan dengan hukum.

Mendapat teguran seperti itu, Zerry kemudian mencari informasi mengenai BKSDA di sekitar Pematang Siantar. Hingga akhirnya kukang diserahkan ke KSDA Bidang Wilayah II Pematang Siantar yang diterima langsung oleh Kepala Bidang Seno Pramudito S.Hut.

Di hari yang sama, kukang dititipkan ke CV. Usaha Tani, salah satu mitra Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Untuk tindak lanjut konservasi, kukang nantinya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.


Sumber artikel : ksdae.menlhk.go.id

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman kepunahan akibat perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

CLOSE

Lebih dari 150 individu kukang korban perburuan,  perdagangan dan eksploitasi pemelihara dirawat di Pusat Rehabilitasi  YIARI.

30% di antara mereka bernasib buruk sehingga tidak bisa kembali ke habitat alaminya. Sisa hidup mereka bergantung kepada perawatan yang diberikan pusat rehabilitasi agar sesuai dengan kesejahteraan satwa.

BANTU KUKANG INDONESIA

Donasi yang terkumpul akan membantu  konservasi kukang meliputi upaya penyelamatan, rehabilitasi, pelepasliaran dan perlindungan habitat.

CLOSE

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

CLOSE

LAPOR

CLOSE

Share to care :

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on tumblr
Share on pocket
Share on pinterest
Share on email
Share on delicious
Share on telegram
Share on whatsapp

1.364 orang sudah bergabung menjadi #PenyelamatKukang

Yuk gabung menjadi bagian dari penyelamat & pelestari kukang Indonesia!

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

CLOSE

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang