kukangku

Diduga Kelaparan, Kukang Jawa Ditemukan Lemas di Rumah Warga

Diduga Kelaparan, Kukang Jawa Ditemukan Lemas di Rumah Warga

Seekor Kukang Jawa ditemukan di dekat lokasi penampungan air milik warga di Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (24/5/2018). Hewan itu ditemukan dalam kondisi lemas diduga kelaparan.

Hendra Gunawan, yang pertama kali menemukan, mengatakan hewan itu sempat dia simpan dulu di dalam kandang sampai akhirnya diserahkan ke PMI Kabupaten Sukabumi.

“Sempat saya amankan dulu, setelah tahu dan memastikan itu hewan dilindungi, saya nelepon ke organisasi pelindung satwa. Baru hari ini saya antarkan lewat PMI,” kata Hendra kepada awak media, Jumat (25/5).

Hendra menduga Kukang itu datang dari hutan di sekitar pemukiman warga. Namun lingkungan hutan terganggu oleh aktivitas salah satu pabrik semen terbesar di Sukabumi.

“Kemungkinan habitat asli hewan ini terganggu, sudah dua kali saya melihat hewan ini di sekitar rumah. Hanya baru kali ini yang memang sengaja mendekat ke rumah saya,” lanjutnya.

kukang jawa ditemukan warga
Foto: Syahdan Alamsyah

 

Di tempat yang sama, Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto menerangkan sudah empat kali ia menerima kukang dari temuan masyarakat. Hal itu menandakan habitat kukang di Kabupaten Sukabumi masih ada, walaupun sudah mulai terganggu.

“Kukang yang ditemukan warga kali ini jenis yang sangat langka dan dilindungi. Untuk langkah awal kami akan periksa lebih dulu jari-jarinya, fisiknya kalau tidak ada masalah kita lepasliarkan ke lokasi yang masih alami sesuai habitatnya,” ujar pria yang juga relawan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) tersebut.
(ern/ern)


Sumber berita : news.detik.com

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram