Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

BKSDA Lepas Dua Kukang dari Warga di Gunung Tukung

SERANG – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar Wilayah 1 Serang menerima dua ekor kukang dari warga. Kukang pertama diterima petugas BKSDA  dari warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten, dan kukang kedua diterima dari warga Cipocok, Kota Serang, Banten.

Kepala BKSDA Jabar Wilayah I Serang Andre Ginson mengatakan habitat kukang masih berada di Banten. Masyarakat serungkali tidak mengetahui hewan dilindungi tersebut. “Memang masih ada populasinya di Banten. Ini keduanya kami terima dari warga,” kata Andre, Jumat (14/12/2018).

Kukang adalah satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Kukang dilarang untuk dieksploitasi, seperti diburu, dipelihara, diperjualbelikan maupun dimanfaatkan bagian tubuhnya. Ancaman hukuman memelihara kukang adalah penjara maksimal lima tahun dan denda sebesar Rp 100 juta.

Primata ini terkenal sangat pemalu, karena sifat dasar satwa yang ukuran tubuhnya antara 20-30 centimeter ini memang pemalu. Di Indonesia, menurut ekologi dan persebarannya, terdapat tiga jenis kukang. Kukang jawa (Nycticebus javanicus), kukang sumatera (Nycticebus coucang), dan kukang kalimantan (Nycticebus menagensis).

Kedua kukang tersebut akhirnya dipindahkan ke Gunung Tukung, Mancak, Kabupaten Serang, Banten. (You/Red)

Sumber: Banten News

Tanya Kukangku

Sebarkan ke Penyelamat Kukang lainnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pocket
Share on whatsapp
Share on email
Share on pinterest

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

kukangku

#StopKekangKukang

#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang