Ratusan Kukang Selundupan Terungkap

Ratusan Kukang Selundupan Terungkap

Sebanyak 238 individu kukang sumatera berhasil diselamatkan oleh aparat petugas kehutanan BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I Serang pada 6 November 2013 di pelabuhan Merak, Banten.Kasus ini merupakan penyelundupan kukang dengan jumlah terbesar yang pernah terungkap. Saat diamankan, kukang-kukang ini berada dalam tempat sempit. Karena kondisi kritis, total 13 ekor mati. Banyak dari mereka dalam kondisi menyedihkan, mengalami dehidrasi, diare, mal nutrisi, hingga masalah gigi dan pernapasan. Banyak kukang dengan gigi terpotong, dan mengalami infeksi gigi parah.

Dalam pengiriman oleh pelaku, sebagian kotak hanya berisi bayi terpisah dari ibu. Ada 11 bayi dimasukkan dalam satu tempat. Tampak, anak kukang yang besar menjaga bayi yang lebih kecil. Ada juga bayi-bayi yang ditempatkan bersama ibu-ibu mereka tetapi menolak anaknya karena stres berat.

Ada juga di kotak, dengan empat ibu tampak bersama anak-anaknya dan dalam kondisi bagus. Dua induk baru melahirkan bayi prematur, buah dari stres. Beberapa dari kukang luka-luka, kemungkinan berkelahi di antara mereka.

Terungkapnya kasus penyelundupan ini adalah fakta bahwa perburuan dan perdagangan kukang sangat aktif dan masif untuk memenuhi stok permintaan pasar yang berasal dari kalangan pemelihara. Kukang yang diselundupkan rencananya akan dibawa ke Jakarta dan juga kota-kota besar lainnya.

Setiap tahunnya, ribuan kukang menderita dan sakit akibat perlakuan pemburu, pedagang dan juga pemelihara. Bantu dan selamatkan kukang korban kejahatan satwa.

Jadilah Penyelamat Kukang.

kukangku

#StopKekangKukang

#JanganBeliKukang #JanganPeliharaKukang

Kukangku adalah gerakan kampanye penyelamatan dan pelestarian kukang dari ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan.

© 2019 Kukangku

Dikembangkan dan didesain oleh Rusmadipraja
Didukung oleh Yayasan IAR Indonesia

Close Menu

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang