kukangku

Aktivis ProFauna Ajak Anak Muda Tidak Ikut-Ikutan Memelihara Primata

Aktivis ProFauna Ajak Anak Muda Tidak Ikut-Ikutan Memelihara Primata

Sejumlah aktivis ProFauna Bandung memperingati Hari Primata Indonesia di Alun-alun Kota Bandung, Sabtu, (30/01/2016). Dalam peringatan Hari Primata kali ini, mereka menggelar kampanye mengajak masyarakat untuk menghentikan pemburuan terhadap primata.

Menurut Rinda Aunilah Sirait, Koordinator, ProFauna Jawa Barat menuturkan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir tren perburuan terhadap primata meningkat. Saat ini lebih dari 70 persen primata Indonesia terancam punah akibat perburuan.

“Ini penyebabnya tidak hanya alih fungsi hutan menjadi perkebunan, tapi juga gaya hidup orang kota yang melirik primata sebagai hewan peliharaaan,” kata Rinda.

Ia menuturkan, kalau dahulu masyarakat yang memelihara primata adalah para pejabat, sekarang anak muda sudah ikut memelihara primata. Permintaan yang besar terhadap primata ini menyebabkan perburuan primata makin tinggi.

“Lihat saja di internet, jual beli primata sangat banyak. Salah satu yang favorit adalah kukang. Dari kisaran 8000 jumlah kukang di Jawa Barat, dalam tiga tahun terkahir telah berkurang 70 persen,” kata Rinda.

Padahal menurutnya, kukang adalah salah satu Primata di Indonesia yang terancam punah, selain Orang Utan Sumatera dan Simakobu. Karena itu Rinda mengajak masyarakat untuk menghentikan perburuan terhadap terhadap primata.


Sumber artikel : kabarkampus.com

Tanya Kukangku

Jangan Beli - #StopKekangKukang - Jangan Pelihara

Yuk menjadi bagian dari

#PenyelamatKukang

Saya berkomitmen untuk tidak membeli dan tidak memelihara kukang, serta bersedia menyebarluaskan pesan pelestarian kukang.

LAPOR

Pengembalian dan penyerahan sukarela kukang ke pusat rehabilitasi

Bantu kami untuk mendata lokasi sebaran habitat alami kukang

Lapor kejahatan perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan kukang

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on pocket
Share on telegram